Jumat, 31 Januari 2014

SAHABAT JADI PACAR, MANTAN JADI SAHABAT


Well kali ini gue bakal bagi-bagi tips gimana caranya deal dengan masalah seperti ini. Menurut gue, sahabat jadi pacar itu mainstream banget ya. Pasti diantara kalian pernah ngerasain hal ini termasuk gue. 

Tapi kalau mantan jadi sahabat? Hmm... ada sih yang berhasil tapi sedikit banget. Yang ada kalo udah putus lu bakal berusaha sekuat tenaga melupakan mantan lo dan move on. Bila perlu semua hal yang mengingatkan lo tentang kenangan bersama si “ex” lo bakar habis-habisan.

Pernah ni kejadian nyata yang terjadi sama teman-teman gue. Gue sering banget memperhatikan mereka yang asik pacaran di sekolah. Romantis banget, nempel mulu kaya perangko. Kemana-mana barengan. Seakan-akan dunia milik berdua. 

Setiap pacarnya ngelakuin hal yang manis, si cewek pasti seneng banget berasa nge-fly gimana gitu. Terus heboh pamer ke teman-teman satu gengnya. Norak banget menurut gue.

Dan lihalah apa yang terjadi setelah putus? Dulu si pacar yang di panggil “bebeb” namanya berubah menjadi “babi”. Banyak kata-kata kasar yang terlontar ketika si “ex” melintas. Sok ga mau ketemulah, sok jijiklah, padahal dulu dia sayang banget sama si “ex” waktu masih pacaran.

Persepsi ini salah banget menurut gue. Beberapa waktu lalu di sebuah malam yang tenang, gue chatting sama teman-teman lama gue di whatsapp dan kita ngobrol sampai larut. Dari sekian banyak bahan pembicaraan yang berbeda, ada satu hal yang membuat gue salut.

“Nah, santet aja cewek yang nge php-in lo. Bakar sekalian. Enak aja dia jadi sensian semenjak lo udah punya pacar. Kan dia yang salah nge-php-in lo kaya begitu” kata gue yang emang hobi ngomporin orang.
“Engga ah sis, gue orangnya ga kaya begitu. Gitu-gitu kan gue juga pernah suka sama dia. Yah pokoknya kita baik-baik aja deh” kata si Beben yang membuat gue terharu.

So, how to deal with that?
  1. “Ga mungkin banget sis, kalo mantan jadi sahabat. Impossible lah” kata temen gue yang udah terlanjur sakit hati sama mantannya. Mantan jadi sahabat bukan hal yang ga mungkin lho. Ingat lho ga ada yang namanya impossible. Pertama lo harus berpikir positif bahwa teman itu bisa di dapatkan dari mana saja.
  2. Putus sama mantan bukan berarti serta merta kesalahan berada di pihak mantan. Mungkin lo juga punya salah. So cobalah untuk saling minta maaf dan memaafkan.
  3. Mulailah komunikasi duluan. “Ah mati aja, gengsi gilak. Ga mungkinkan gue yang mulai duluan? Gila apa lo?” kata temen gue yang masih ngarep sama mantannya. Apa salahnya sih? Kebanyakan dari mereka takut mantannya akan berpikir bahwa mereka masih ngarep atau masih sayang. Buang persepsi semacam ini ya.
  4. Tunjukkan sikap ramah, hangat, tapi kesannya tetap biasa saja. Intinya gini jadilah manusia baik seperti saat pertama kali mantan lo kenal sama lo. Jadi diri lo sendiri aja.
  5. “Ga mungkin sis, namanya udah sakit tetap sakit” emang bener. Benang yang udah putus aja walopun disambung lagi masih ada bekasnya. Tapi itu bukan masalah. Tuhan aja senang banget ngelihat kita damai dan berkasih sayang.  Jangan ingat buruknya, ingat aja semua kebaikan yang pernah dia buat sekecil apapun. Itu akan membantu kita bisa tetap berhubungan baik dengan si mantan.
  6. Satu hal lagi, semakin lo mencoba move on dengan lost contact sama dia menurut gue itu akan semakin membuat lo susah move on.  Santai aja anggap aja ga ada masalah. Dengan tetap membuat hubungan diantara kalian baik-baik aja, itu akan membuat lo sedikit lebih mudah buat move on.
Ini pengalaman gue. Sampai sekarang gue masih baik-baik aja sama mantan. Terkadang kita malah sering hang out bareng kalo ada waktu luang. Gue malah merasa “ex” gue itu jadi kaya sodara gue sendiri. Itu membuat hubungan kami yang dulu retak jadi baik lagi. 

Intinya coba aja dulu, yang penting niat. Putus bukan berarti musuhan yaaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yap, terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa comment ya, make sure you give a sign, so I can visit you back xoxo