Kamis, 03 Juli 2014

KARTUN BUATAN INDONESIA

Setelah libur nyaris dua bulan lamanya, gue pun mulai bosan dengan acara di TV.  Bosan dengan acara yang isinya nyaris sama di setiap channel, orang yang mengisi acara juga itu-itu aja. Gue coba beralih buat nonton sinetron, seperti yang kita tau *maaf ya sebelumnya* sinetron Indonesia cukup membosankan.
 
Gue coba buat mengisi waktu luang dengan menonton kartun yang notabenenya di impor dari tetangga sebelah. Upin dan Ipin, Marsha and the bear,  The Amazing world of gumball, Phineas and Ferb, sepertinya cuma kartun ini yang masih bisa bikin mata gue melek. Selebihnya bikin gue ketiduran saat menonton. 


 
Terus gue jadi mikir sendiri *jarang-jarang loh gue mau mikir*, kapan Indonesia punya kartun bagus kaya punya tetangga? Atau sebenarnya sudah ada tapi kitanya aja yang belum tau? Apa karena minat kita terhadap kartun buatan Indonesia lebih rendah (kasarnya: sering menganggap remeh buatan Indonesia)?

Pembuktian bahwa Indonesia bisa melakukan hal yang lebih baik sebenarnya sudah dapat di lihat dari beberapa animator Indonesia yang ikut serta dalam pembuatan animasi besar dunia seperti Rini Sugianto, Griselda Sastrawinata, Chikita Fauzi, Ronny Gani, dll pokoknya masih banyak deh silakan googling sendiri kalo masih penasaran :)

Nah dan saatnya kita memberikan apresiasi dan patut berbangga diri karena animator-animator hebat Indonesia telah menunjukkan karya mereka dengan lahirnya kartun-kartun buatan Indonesia. 

Ini dia dua kartun favorit gue versi karya tangan anak Indonesia. Let’s check it out! 

1. Keluarga Somat 
Pak Somat adalah pegawai pabrik yang memiliki istri bernama Inah dan dua orang anak, Dudung dan Ninung. Keluarga mereka sederhana namun penuh hiruk pikuk, keceriaan dan masalah yang biasa terjadi di kehidupan masyarakat sehari-hari. Dudung adalah anak yang malas, usil namun kreatif. Berbeda dengan Ninung yang penurut dan sopan. Ninung sering kali mengingatkan Dudung untuk berbuah hal baik. Dudung lebih suka bermain ketapel ketimbang belajar. Oleh karena itu, ia sering dihukum oleh orangtuanya maupun gurunya. Selain keluarga sederhana yang kocak, lingkungan masyarakat yang beragam membuat kehidupan keluarga ini semakin berwarna. Inilah keluarga Indonesia, keluarga yang Bhineka Tunggal Ika.

Kartun ini jujur saja sering membuat pagi gue rame dengan suara tawa. 



2. Adit dan Sopo Jarwo



Kisah ini menceritakan kisah persahabatan antara Adit, Mitha, Dennis, Devi dan si mungil Adelya yang kehidupan mereka diwarnai dengan berbagai kejutan yang tak terduga. Nah pemeran utama Adit ini merupakan penggerak, motivator serta juga sebagai inspirator para sahabatnya untuk melewati hari hari dalam menggapai impian masa depan.



Dalam melewati hari hari untuk menggapai impian, ternyata perjalanan mereka tidak mulus. Mereka harus menghadapi dua orang yang mencari keuntungan jalan pintas yaitu si Sopo Jarwo. Nah disini juga merupakan jalur utama cerita yaitu perseteruan antara Adit & Sopo Jarwo, yang juga menjadi judul animasi ini.
 

Masih banyak lagi sih yang lainnya. Tapi ada juga yang ga di siarkan di TV, ada juga yang versi filmnya seperti Battle of Surabaya The Movie, Menggapai Bintang, Meraih Mimpi, Si Kancil,  TOP BGT deh!

Saatnya menikmati produk “orang awak” dan mengapresiasi karya mereka dengan menonton hasil karyanya! \m/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yap, terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa comment ya, make sure you give a sign, so I can visit you back xoxo