Sabtu, 20 September 2014

KULIAH


"Kuliah ya, Kak? Pasti seru, ga kaya SMA"
"Kan kuliah lebih bebas dan lebih nyantai, Kak"
"Kuliah itu kan yang kaya di FTV, manis"

Itulah hal-hal yang paling sering gue dengar setelah menjabat status baru ini. Permasalahannya satu, kuliah itu ga seperti apa yang ada di pikiran kalian wahai adik-adik. Kalian harus benar-benar merasakannya. 

Mungkin motto gue selama ini  terbukti juga untuk masalah pendidikan, "You never know if you never try" I totally had to try it, then I know what exactly the feeling of study in university~



Well, karena setiap Universitas punya sistem yang beda, gue mau berbagi cerita tentang kampus gue aja. Berhubung angkatan gue dapat kurikulum 2012 dengan sistem paket semester 1 dan 2, maka gue dkk harus siap dengan ini.

Secara ga sengaja masuk ke kelas A yang rumornya berisi anak-anak yang bisa dibilang pintar dsb, tentu saja menambah beban hidup gue. Jujur saja, gue benci terlihat bego. Tapi, apa daya masuk ke kelas A secara tidak langsung menyebabkan gue terlihat bego -_-

Nyaris sebulan gue stay dan memperhatikan seisi penghuni kelas, kesimpulannya satu: MEREKA SEMUA PINTAR!!! Contoh sederhananya seperti ini, ketika dosen baru kasi materi dikit dan baru aja nulis soal di papan tulis (belum kelar malah nulisnya) mereka udah pada angkat tangan pengen ngejawab soal untuk dapetin point. Sedangkan gue baru aja ingin memahami soal (baca: ga paham materi). NICE!!!

Ini dia sepuluh mata kuliah di semester pertama:
1. KIMIA ORGANIK (3 SKS)

Pengalaman manis di makul ini, tiga jam full dosen ngocehin materi. Gue sering ketiduran dengernya. Jujur, makul ini terkesan membosankan tetapi, sampai pada pertemuan ketiga suasana dibikin hidup gara-gara si dosen mulai kasi soal dan it was so awesome! 

2. KEWARGANEGARAAN (2 SKS)

Dua pertemuan awal terlewatkan karena dosen lagi ada acara dan kesibukan sehingga kami bisa sedikit lega. Eits, bukan lega dalam makna yang sebenarnya. Jika kehadiran kita kurang dari jumlah pertemuan yang sudah disepakati maka kita tidak boleh mengikuti UAS. Mungkin sebenarnya, jika jumlah pertemuan itu kurang disebabkan oleh dosen yang terlalu sibuk seharusnya,"Dosen yang ga boleh ikut UAS bareng kami".

3. FISIKA DASAR (2 SKS)

Ini beneran pake sistem kaya guru fisika gue di kelas sebelas. Kalo waktu SMA namanya sistem STICKER, kalo ini sistem POINT. Sistem rebut point ini bikin suasana di kelas menegang. Gue? Tetap statis pasif. Masih jadi silent stuedent.

4.  MATEMATIKA TEKNIK (3 SKS)

Semua tentang diferensial dan keluarganya. Trigonometri masih exist -_- dan bab yang bikin gue mules lainnya. Dosennya sih gaul, asik dan bagus cara ngajrnya. Tapi itu tadi tekanan dari lingkungan bikin gue down.

5. KIMIA DASAR (2 SKS)

Nah ini gue demen. Pelajarnnya masih sama kaya SMA. Asik pokoknya. Gue juga ngerasa agak tenang di sini. At least gue ga merasa jadi makhluk purba.

6. BAHAN KONSTRUKSI TEKNIK KIMIA (2 SKS)

Ini paling kece! Dosennya baik, gaul, mengerti kita banget. Makulnya juga asik. Pokoknya gue demen! Dulu gue paling bete sama hari Kamis, tapi semenjak BKTK ada di hari Kamis gue jadi semangat lagi (?) BKTK GOOOOD!

7. PRAKTIKUM KIMIA DASAR (1 SKS)

Belum pernah praktikum sih, jadi gue ga tau.

8. PRAKTIKUM FISIKA DASAR (1 SKS)

Nah ini, tergantung asdos (asisten dosen). Kalo dapet yang baik ya enak, bisa puas kepoin materi. Kalo dapet yang apatis, jutek, mamam tuh materi-_-

9. BAHASA IINDONESIA (2 SKS)

Kita belajar tentang membuat laporan dan karya tulis yang baik sekaligus memperbaiki cara kita menulis sesuai EYD. Males sih, gue mah orangnya apa adanya haha. Udah terbiasa nulis lepas kalo pake tanda baca gue merasa terikat (?)


10. MENGGAMBAR TEKNIK (2 SKS)

Asdos buat kelas gue LUAR BIASA! Angkatan 2010 yang baik sekaleee. Namanya rahasia dulu deh. Pokonya abang itu easy going. Andai semua asdos sebaik abang itu...

Tapi, kalau dipikir-pikir gue ga boleh down dan jadi rendah diri. Secara ga langsung kondisi ini memotivasi gue untuk belajar lebih ekstra, dengan dalih gue ga mau terlihat lemah dan payah. 
Perbanyak ngerjain latihan soal, manajemen waktu yang baik, belajar sama tutor sebaya. Lagi pula temen-temen sekelas gue ga pelit ilmu. So, gue rasa ga ada lagi alasan buat ngeluh. 

Gue harus optimis kalo gue pasti bisa sukses dan bikin keluarga Giok bangga. 
 

All I've known is KULIAH ITU GA SEPERTI DI TIPI-TIPI!!!!

3 komentar:

  1. gue baca mata kuliahnya aja udah bisa pusing, hitungan semua -____-

    salam kenal ya!

    BalasHapus
  2. haha namanya juga teknik,enak ga enak ya telan aja haha.

    salam kenal juga ya, Dit. thanks for visiting :)

    BalasHapus
  3. hahaha.. itu praktikum kimia dasar kan udah selesai sis... ceritain dong. tentang begadang buat laporan nyaa :D wahahahha.... ditunggu update matkul buat semester 2 nya yaa :D

    BalasHapus

Yap, terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa comment ya, make sure you give a sign, so I can visit you back xoxo